Usia 1-2 tahun:
1. Merangkak anak tangga
2. Menumpuk dua atau tiga benda
3. Menunjuk untuk menyatakan keinginannya
4. Mengikuti petunjuk sederhana
5. Memegang pensil warna dan membuat
garis
6. Menaruh benda dalam wadah
7. Mengguncangkan benda keluar dari
wadah
8. Melempar benda keluar dari wadah
9. Mengikuti perintah sederhana
10. Menyebutkan nama benda sederhana,
misalnya bola, rumah
11. Mulai berlari
12. Mampu mengingat gambar satu benda
13. Mengobrak-abrik laci, keranjang baju, dan
wadah lain karena ingin tahu
14. Duduk dengan diam mendengar cerita
sederhana
15. Melempar bola ke arah orang lain
16. Menendang bola
17. Berjalan mundur
Usia 2-3 tahun:
1. Membuka dan menutup pintu
2. Berlari dengan baik
3. Senang dengan memanjat
4. Menuruni anak tangga satu demi satu
dengan kaki yang sama secara perlahan
5. Menumpuk benda lebih tinggi (enam
benda atau lebih)
6. Menggunakan pensil warna untuk
membuat tulisan cakar ayam
7. Dapat melipat kertas bila dicontohkan lebih
dulu
8. Mencoba memakai dan mencopot baju
sendiri
9. Menggunakan dua kata atau lebih ketika
berbicara
10. Mulai senang mendengarkan cerita
bergambar
11. Melompat dari tempat yang lebih tinggi
12. Ikut aktif dalam permainan
13. Ikut membereskan mainan
14. Hafal nama lengkapnya
15. Tahu jenis kelaminnya
16. Tahu berapa umurnya
17. Meniru tingkah laku dan suara
18. Berdiri seimbang di atas satu kaki untuk
beberapa saat
19. Mengerti konsep sederhana (misal: atas/
bawah, panas/dingin, kecil/besar, buka/
tutup)
20. Terlibat dalam permainan yang
membutuhkan konsentrasi (memilah,
memasangkan).
Usia 3-4 tahun:
1. Naik turun tangga dengan kaki kiri dan
kanan bergantian
2. Mencoba mencontohkan beragam bentuk
yang tergambar (lingkaran, kotak, segitiga,
segiempat, oval)
3. Memasang dan mencopot sepatu
4. Menghitung satu sampai empat benda
yang sama
5. Mengulang sedikitnya tiga benda terakhir
yang berurutan disebutkan
6. Mampu menceritakan kembali atau
mengingat cerita sederhana atau
pengalaman
7. Bermain permainan individu sederhana di
antara teman lain
8. Mencopot kancing baju sendiri
9. Mengendarari sepeda roda tiga (koordinasi
tampak baik)
10. Berbicara kalimat pendek dan sederhana
11. Tampak mengerti aturan bermain
12. Bermain lompat kaki
13. Memotong dengan arahan
14. Mengenal delapan warna dasar
15. Memecahkan persoalan (tenggelam/
mengambang, mur/baut, bermain puzzle)
16. Mengenal bentuk lingkaran, kotak, segitiga,
segiempat dan oval
17. Mengenal beberapa huruf abjad
18. Mampu berjalan seimbang pada titian
sempit
19. Menyelesaikan perintah sederhana
20. Melompat satu kaki dengan teknik yang
indah sempurna.
Usia 4-5 tahun:
1. Latihan buang air
2. Makan dengan sendok dan garpu
3. Duduk tenang untuk beberapa saat
4. Senang bila mendengarkan cerita
5. Memakai jaket sendiri tanpa bantuan
6. Mampu mengancingkan jaket sendiri
7. Mampu memakai sepatu sendiri dengan
benar
8. Membereskan mainan bila diminta
9. Senang berada di antara orang lain
10. Memperhatikan dan merawat barangnya
sendiri
11. Berbagi dan mau bergiliran
12. Biasanya menerima apa yang dibatasi oleh
orang tua
13. Berbagi perhatian orang tua dengan
saudara
14. Mengikuti petunjuk sederhana
15. Berkunjung ke kerabat orang lain tanpa
orang tua untuk waktu yang pendek
16. Mampu menyebut nama lengkap dirinya
17. Mengerti konsep sederhana (besar/kecil,
keluar/masuk, naik/turun, buka/tutup)
18. Mengenali benda yang biasa di temui di
rumah
19. Memperlihatkan kesan diri yang positif
20. Bertanya untuk memperoleh informasi
21. Mengerti konsep angka (1-5)
22. Mengenali suara-suara yang biasa ada di
rumah
23. Menceritakan pengalamannya
24. Menyebutkan kegunaan benda yang biasa
ditemui di rumah, misalnya jaket dipakai,
pisang dimakan
25. Mengenali delapan warna dasar
26. Mengenali huruf dan suara
27. Mampu mengingat/mengulang dua atau
tiga benda berlainan dalam konsep yang
sama, misalnya (5,7,9), (merah, biru,
kuning), (g,b,d)
28. Melompat dua atau tiga kali dengan satu
kaki dalam satu garis
29. Mampu menangkap bola yang besar
30. Mampu berlari atau berhenti dengan
perintah
31. Mampu menggambar gambar sederhana
32. Mampu membedakan bentuk-bentuk yang
berlainan
33. Mampu mencontohkan gambar lingkaran
atau kotak
34. Berdiskusi cerita yang didengar atau dilihat
di TV
35. Memilih objek atau gambar yang hampir
sama
36. Memperlihatkan keinginannya untuk
bersekolah.