Parameter Perkembangan Anak Normal sbg acuan Terapi Autisme

Parameter Perkembangan Normal Anak

Usia 1-2 tahun:

1. Merangkak anak tangga

2. Menumpuk dua atau tiga benda

3. Menunjuk untuk menyatakan keinginannya

4. Mengikuti petunjuk sederhana

5. Memegang pensil warna dan membuat

garis

6. Menaruh benda dalam wadah

7. Mengguncangkan benda keluar dari

wadah

8. Melempar benda keluar dari wadah

9. Mengikuti perintah sederhana

10. Menyebutkan nama benda sederhana,

misalnya bola, rumah

11. Mulai berlari

12. Mampu mengingat gambar satu benda

13. Mengobrak-abrik laci, keranjang baju, dan

wadah lain karena ingin tahu

14. Duduk dengan diam mendengar cerita

sederhana

15. Melempar bola ke arah orang lain

16. Menendang bola

17. Berjalan mundur

Usia 2-3 tahun:

1. Membuka dan menutup pintu

2. Berlari dengan baik

3. Senang dengan memanjat

4. Menuruni anak tangga satu demi satu

dengan kaki yang sama secara perlahan

5. Menumpuk benda lebih tinggi (enam

benda atau lebih)

6. Menggunakan pensil warna untuk

membuat tulisan cakar ayam

7. Dapat melipat kertas bila dicontohkan lebih

dulu

8. Mencoba memakai dan mencopot baju

sendiri

9. Menggunakan dua kata atau lebih ketika

berbicara

10. Mulai senang mendengarkan cerita

bergambar

11. Melompat dari tempat yang lebih tinggi

12. Ikut aktif dalam permainan

13. Ikut membereskan mainan

14. Hafal nama lengkapnya

15. Tahu jenis kelaminnya

16. Tahu berapa umurnya

17. Meniru tingkah laku dan suara

18. Berdiri seimbang di atas satu kaki untuk

beberapa saat

19. Mengerti konsep sederhana (misal: atas/

bawah, panas/dingin, kecil/besar, buka/

tutup)

20. Terlibat dalam permainan yang

membutuhkan konsentrasi (memilah,

memasangkan).

Usia 3-4 tahun:

1. Naik turun tangga dengan kaki kiri dan

kanan bergantian

2. Mencoba mencontohkan beragam bentuk

yang tergambar (lingkaran, kotak, segitiga,

segiempat, oval)

3. Memasang dan mencopot sepatu

4. Menghitung satu sampai empat benda

yang sama

5. Mengulang sedikitnya tiga benda terakhir

yang berurutan disebutkan

6. Mampu menceritakan kembali atau

mengingat cerita sederhana atau

pengalaman

7. Bermain permainan individu sederhana di

antara teman lain

8. Mencopot kancing baju sendiri

9. Mengendarari sepeda roda tiga (koordinasi

tampak baik)

10. Berbicara kalimat pendek dan sederhana

11. Tampak mengerti aturan bermain

12. Bermain lompat kaki

13. Memotong dengan arahan

14. Mengenal delapan warna dasar

15. Memecahkan persoalan (tenggelam/

mengambang, mur/baut, bermain puzzle)

16. Mengenal bentuk lingkaran, kotak, segitiga,

segiempat dan oval

17. Mengenal beberapa huruf abjad

18. Mampu berjalan seimbang pada titian

sempit

19. Menyelesaikan perintah sederhana

20. Melompat satu kaki dengan teknik yang

indah sempurna.

Usia 4-5 tahun:

1. Latihan buang air

2. Makan dengan sendok dan garpu

3. Duduk tenang untuk beberapa saat

4. Senang bila mendengarkan cerita

5. Memakai jaket sendiri tanpa bantuan

6. Mampu mengancingkan jaket sendiri

7. Mampu memakai sepatu sendiri dengan

benar

8. Membereskan mainan bila diminta

9. Senang berada di antara orang lain

10. Memperhatikan dan merawat barangnya

sendiri

11. Berbagi dan mau bergiliran

12. Biasanya menerima apa yang dibatasi oleh

orang tua

13. Berbagi perhatian orang tua dengan

saudara

14. Mengikuti petunjuk sederhana

15. Berkunjung ke kerabat orang lain tanpa

orang tua untuk waktu yang pendek

16. Mampu menyebut nama lengkap dirinya

17. Mengerti konsep sederhana (besar/kecil,

keluar/masuk, naik/turun, buka/tutup)

18. Mengenali benda yang biasa di temui di

rumah

19. Memperlihatkan kesan diri yang positif

20. Bertanya untuk memperoleh informasi

21. Mengerti konsep angka (1-5)

22. Mengenali suara-suara yang biasa ada di

rumah

23. Menceritakan pengalamannya

24. Menyebutkan kegunaan benda yang biasa

ditemui di rumah, misalnya jaket dipakai,

pisang dimakan

25. Mengenali delapan warna dasar

26. Mengenali huruf dan suara

27. Mampu mengingat/mengulang dua atau

tiga benda berlainan dalam konsep yang

sama, misalnya (5,7,9), (merah, biru,

kuning), (g,b,d)

28. Melompat dua atau tiga kali dengan satu

kaki dalam satu garis

29. Mampu menangkap bola yang besar

30. Mampu berlari atau berhenti dengan

perintah

31. Mampu menggambar gambar sederhana

32. Mampu membedakan bentuk-bentuk yang

berlainan

33. Mampu mencontohkan gambar lingkaran

atau kotak

34. Berdiskusi cerita yang didengar atau dilihat

di TV

35. Memilih objek atau gambar yang hampir

sama

36. Memperlihatkan keinginannya untuk

bersekolah.